Our Recent Posts

Tags

Sekilas Dibalik Ragam Qipao atau Cheongsam Modern



















Sebagai sebuah negara multikultural serta multietnis, Indonesia memang memiliki beragam kultur budaya serta etnis yang disatukan di bawah Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi satu. Meski demikian, setiap etnis bebas menjalankan kebudayaan masing-masing selama tidak bertentangan dengan hukum negara atau berusaha memecah belah. Tentu saja, kultur tidak dapat terlepas dari pakaian tradisional sebuah suku atau etnis, termasuk warga berdarah Tionghoa di Indonesia. Tersebutlah Cheongsam atau Qipao yang merupakan pakaian tradisional wanita China yang memberi efek elegan dan seksi yang mulai digandrungi khalayak umum. Dilansir berbagai situs, awalnya pakaian tradisional ini disebut Qipao pada masa pemerintahan Manchu. Zaman itu, Qipao atau Cheongsam jauh berbeda dengan model yang saat ini dikenakan. Pakaian tersebut juga hanya boleh dipakai oleh wanita bangsawan atau yang memiliki strata tinggi di masyarakat. Qipao tidak boleh menonjolkan lekuk tubuh, bentuknya lebar dan menjuntai hingga mata kaki. Hal itu dimaksudkan untuk melindungi identitas si wanita sebagai seorang dari kasta terhormat hingga tak sembarangan dapat dipandang. Ketika Dinasti Manchu runtuh, barulah Qipao merambah ke seluruh dataran China dan mengalami beragam modifikasi hingga berubah penyebutannya menjadi Cheongsam. Budaya barat yang menginvasi daratan Tiongkok pun turut mempengaruhi evolusi pakaian tradisional tersebut. Bentuknya menjadi fleksibel tanpa meninggalkan elegansinya. Cheongsam kini menjadi dress yang memberi ragam pilihan design : dengan atau tanpa lengan, panjang di atas lutut atau menutupi seluruh kaki, bahkan model kerah mandarin yang sudah dimodifikasi. Berkat perubahan tersebut, kini Cheongsam menjadi salah satu bentuk dress yang disukai bukan hanya pada saat Imlek tapi pada event semi formal ataupun formal lainnya. Cheongsam juga cocok dipadukan dengan flatshoes untuk kesan effortless elegan atau high heels untuk menampilkan kesan lebih formal tetap elegan.


Penggunaan Qipao atau Cheongsam ini pun tidak sembarangan, dibutuhkan banyak pertimbangan agar penggunanya tampil maksimal. Seperti bentuk tubuh dan juga kesesuaian dengan kegiatan yang diikuti. Namun jika ingin tetap simpel, dress ready to wear juga bisa jadi pilihan.



Sumber: Dirangkum oleh tim Atelier Mode dari berbagai sumber.


Atelier Mode by Maharani Sukolo adalah luxury label dress ready to wear berlokasi di Jakarta. It's not only about formal occasion, it's dress up for good manner.

Designed by ukmgodigital

Cart (0)‏